Translate

Pantai Sadranan - Lokasi Menyelam dan Snorkeling Di Jogja

pantai sadran gunung kidul

Pantai Sadranan merupakan salah satu obyek wisata pantai pasir putih yang berada di jogjakarta. Dari sekian banyak pantai pasir putih yang berada di jogjakarta anda dapat mencoba untuk berwisata ke pantai sadran, alasannya cukup sederhana, pantai ini masih sepi pengunjung sehingga sensasi yang anda rasakan seolah - olah anda berada di pantai pribadi. Alam yang masih bersih dan alami sangat cocok bagi anda untuk berlibur melepas penat dari rutinitas yang sibuk. 

backpacker ke pantai sadran gunung kidul yogyakarta
Namun ada yang perlu diingat pantai ini bukan sekedar tempat berwisata saja. Bagi masyarakat lokal, Pantai Sadranan merupakan tempat untuk mencari nafkah serta sebagai sarana untuk melakukan kegiatan yang bersifat religi yaitu kegiatan yang terdapat unsur religi beserta kepercayaan. Nama pantai sadranan sendiri memiliki Asal usul, sadran  berasal dari kata 'nyadran' yang mempunyai arti ritual sedekah laut sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta lautan atas rezeki yang telah mereka dapatkan berupa hasil tangkapan laut yang melimpah. Nyadran merupakan salah satu bentuk ungkapan rasa syukur manusia mengingat kuasa-Nya melalui ciptaan-Nya; laut, sungai, gunung, langit, melalui apapun yang kita lihat beserta sentuh, begitupun masyarakat sekitar pantai dengan mengerjakan nyadran melebur kembali ke dalam kuasa-Nya dengan penuh rasa syukur.

keindahan pantai sadran gunung kidul yogyakarta


Pantai Sadranan, selain sebagai tempat mencari nafkah masyarakat sekitar juga menjadi destinasi atau lokasi wisata favorit bagi para wisatawan dan backpacker yang berkunjung ke kawasan wisata Gunungkidul. Selain tersohor sebagai salah satu surga pantai berpasir putih yang terhampar di sepanjang selatan Pegunungan Seribu, Pantai Sadranan merupakan salah satu pantai yang banyak digemari karena bisa dijadikan lokasi snorkling. 

lokasi pantai sadran gunung kidul
Seperti tim YOGYES lakukan untuk mencapai lokasi Pantai Sadranan berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Pantai Sadranan tentu tidak asing lagi di telinga kita meski lokasi pantai ini memang agak tersembunyi diapit sela Pantai Krakal, Slili, dan Pantai Ngandong. Meskipun begitu, Pantai Sadranan tetap menjadi favorit buat dikunjungi terpenting oleh anak-anak muda.

Biasanya pantai ini kerap ramai pada ketika akhir pekan, banyak anak muda yang camping dan menikmati malam di tepi pantai sebelum menghabiskan Minggu dengan bermain-main air. Selain bersantai dan merasakan indahnya lautan serta gulungan ombak yang berkejaran seolah ingin menggapai kaki anda dengan airnya yang dingin, anda bisa bermain air sambil mencoba snorkling untuk mengenal lebih dekat kehidupan biota laut yang beragam di dalamnya.

snorkeling di pantai sadran gunung kidul yogyakarta

Bagi para wisatawan maupun backpacker yang sedang liburan di Yogyakarta, terutama warga Yogyakarta sendiri, selain mampu menikmati keindahan pasir putih Pantai Sadranan bersama beningnya lautan dengan senjanya yang mempesona pun bisa merasakan indahnya bawah laut yang tak kalah menawan beserta terumbu karang yang cantik menghiasi sepanjang bibir pantai beserta ikan-ikan yang beraneka ragam. Menyaksikan semua keindahan itu tentunya dapat mengurangi penat yang membebani, dengan memandang keluasan serta keindahannya mengingat kembali tangan-tangan gaib sang Maha Pencipta dengan penuh rasa syukur beserta nafas yang panjang.

pantai sadran yogyakarta

Tetapi mungkin anda mempunyai asumsi apakah aman atau tidak untuk menyelam apalagi melakukan snorkling di pantai selatan yang sangat populer dengan ombaknya yang besar dan ganas serta berbahaya. Satu hal yang perlu anda ingat sebelum melakukan semua hal diatas ketahui kapan waktu-waktu yang tepat untuk melakukan snorkling atau menyelam, yaitu pada saat laut sedang surut di pagi ataupun sore hari. Untuk yang tidak membawa ataupun tidak mempunyai alat untuk snorkling tidak perlu gelisah sebab di sana terdapat tempat penyewaan perlengkapan snorkling. Jadi bagi anda yang mau mengenal lebih dekat dalam laut khususnya yogyakarta, silakan datang ke Pantai Sadranan lalu cobalah olahraga snorkling.


Tips & info
  • menuju ke Pantai Sadranan kita bisa memungut jalan lewat Pantai Krakal, lalu susuri jalan sepanjang Pantai Krakal ke arah timur sampai menciptakan petunjuk berlalu masuk menuju area Pantai Sadranan
  •   waktu yang tepat buat snorkeling yaitu saat air surut di pagi atau sore hari
  • Jangan melupakan keamanan dengan menggunakan pelindung kaki agar tidak tersakiti akibat terkena karang ketika snorkeling
  • Yang utama kita pula harus menjaga terumbu karang yaitu tidak merusaknya dengan tangan ataupun menginjakkan kaki kita di atas terumbu karang

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Pantai Sadranan - Lokasi Menyelam dan Snorkeling Di Jogja"

  1. Jogja memang Istimewa pantainya... mantap

    BalasHapus
  2. Perjalanan dari kota jogaj sampai lokasi pantai +- 4 jam, dengan kendaraan pribadi (motor/mobil) tergantung kondisi jalan raya juga. karena jalanan naik turun, banyak tikungan, dan banyak kendaraan besar yang lewat seperti BUS dan TRUK.

    BalasHapus