Translate

Pura Batu Bolong di Lombok Barat - NTB

pura batu bolong lombok


Lombok Barat - Dari segenap kawasan wisata yang ada di Pulau Lombok, bisa dibilang mayoritas di antaranya berada di Lombok Barat. Lokasinya yang berseberangan dengan Bali juga menjadi keuntungan tersendiri untuk pengembangan kawasan wisata.

Mulai dari wisata pantai seperti Pantai Senggigi, Pantai Sekotong serta sejumlah pulau kecil macam Gili tersebut antara lain Gili Gede, Gili Poh, Gili Lontar, Gili Nanggu, Gili Rengit, Gili Sudak, Gili Tangkong, Gili Layar, Gili Asahan, Gili Genting dan Gili Goleng, ada di Lombok Barat. Kawasan ini juga memiliki area wisata religius seperti di Pura Batu Bolong dan Batu Layar.

Salah satu kawasan wisata yang menarik untuk di kunjungi adalah Pura di pinggir pantai biasanya identik dengan Bali. Namun siapa sangka, Lombok juga punya pura yang tak kalah keren. Namanya Pura Batu Bolong di Senggigi, Lombok Barat.

Batu Bolong, Pura Pinggir Pantai yang Cantik di Lombok

Lokasi Pura Batu Bolong berada di Jl.Raya Sengigi, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Lokasinya tak jauh dari Pantai Sengigi. Sesuai dengan namanya, ada batu bolong yang menjadi ciri khas pura ini.

detikTravel berkesempatan mampir ke Pura Batu Bolong beberapa waktu lalu. Ada beberapa aturan yang harus dipatuhi, Untuk memasuki pura ini. Semua pengunjung yang ingin masuk wajib mengenakan selendang terlebih dahulu.

Di dekat pintu masuk pura, terdapat tempat untuk meminjam selendang berwarna kuning dan merah. Selendang yang di pinjam oleh wisatawan dapapt diikatkan di pinggang. Turis yang meminjam selendang tersebut, dapat memberikan sumbangan sukarela untuk perawatan pura.

pintu masuk pura batu bolong

wisatawan / turis yang telah menggunakan selendang boleh memasuki Pura Batu Bolong, kecuali perempuan yang sedang datang bulan atau menstruasi tidak di perkenankan untuk memasuki pura tersebut. Ketika melewati pintu masuk, ada beberapa anak tangga yang harus dituruni. Di sebelah kirinya, ada sebuah tempat memanjatkan doa.

Batu Bolong, Pura Pinggir Pantai yang Cantik di Lombok

Anda dapat menuruni anak tangga hingga kawasan pinggir pantai dan melihat langsung keindahan pura di pinggir pantai itu sambil menyaksikan batu bolong yang unik. Pantai yang indah menawan serta hembusan semilir angin membuat suasana di sana menjadi sejuk.

batu bolong lombok


Sesampainya di pinggir pantai, terlihatlah batu bolong itu. Batu bolong merupakan susunan batu yang cukup tinggi dengan bolongan atau lubang di tengahnya. Letaknya di sebelah kiri bawah pura. Ukuran bolongan atau lubangnya yang cukup besar, bisa untuk dilewati manusia.

Pura Batu Bolong di Lombok Barat - NTB


Saat sedang pasang(naiknya permukaan air laut), air laut tampak memenuhi bagian bawah batu bolong. Pengunjung pun bisa merasakan kesegaran air tersebut.

Pura Batu Bolong terlihat kokoh dan banyak pengunjung yang ingin masuk untuk menikmati dan mengabadikan keindahannya. Tetapi sangat disayangkan, pura batu bolong hanya boleh dimasuki oleh umat Hindu yang akan beribadah. Posisinya cukup tingi, dan ada beberapa anak tangga yang harus dinaiki terlebih dahulu.

wisata batu bolong lombok


bagi anda wisatawan atau backpacker yang tertarik untuk liburan kesana, Sebaiknya Anda datang ke kawasan pura menjelang sore. Jadi, Anda bisa melihat sunset yang keren dari pantai di sekitar pura. Pemandangan Gunung Agung di Bali pun terlihat dari Pura Batu Bolong ini. Pokoknya asyik dan menyenangkan.!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pura Batu Bolong di Lombok Barat - NTB"

Posting Komentar