Translate

Backpacker ke Raja Ampat - Papua

Backpacker ke raja ampat

Selama ini banyak wisatawan domestik, terutama yang berasal dari kota-kota besar di indonesia, malas pergi untuk berwisata ke Raja Ampat, Papua Barat. Hal ini disebabkan isu mahalnya penginapan yang dikelola oleh pihak asing di sana. Padahal, dengan cara backpacker, kita bisa pergi ke Raja Ampat dengan biaya yang lebih murah.

Para backpacker yang ingin pergi ke Kepulauan Raja Ampat, rajin-rajinlah membuka situs jalur pesawat pada waktu bukan musim liburan. Untuk menuju Sorong, kamu bisa melihat situs maskapai penerbangan murah dengan tujuan ke sorong. Untuk harga tiket pesawat dari jakarta-sorong Sekitar 3 juta rupiah pergi-pulang dengan waktu tempuh tujuh jam karena transit di Makassar sekitar dua jam, kota-kota selain jakarta bisa menyesuaikan harga dari daerah asal keberangkatan menuju sorong .Harga tiket pesawat ke sorong.

backpacker ke raja ampat

Dari Bandara Domine Eduard Osok di Sorong, kamu bisa berjalan kaki keluar bandara. Di luar bandara akan dijumpai jalan utama menuju kota Sorong dan pelabuhannya. Di sana banyak sekali angkutan kota warna kuning menuju Pelabuhan Sorong, cukup dengan ongkos Rp 3.000.

Dari pelabuhan kamu bisa menaiki kapal rakyat menuju ibu kota Raja Ampat. Biaya untuk menaiki kapal rakyat Rp 120.000 per orang yang berlayar setiap hari mulai dari jam 14.00 WIT. Jika menggunakan pesawat, pilih jam keberangkatan yang paling awal supaya kamu bisa mendarat di sorong sebelum pukul 12.00 WIT sehingga kamu mempunya waktu lebih untuk beristirahat dahulu sambil menunggu kapal berangkat. Waktu perjalanan yang dibutuhkan dengan menaiki kapal rakyat dari Sorong menuju Raja Ampat sekitar dua jam.

wisata murah ke raja ampat papua


Setelah kamu  tiba di Waisai, Pulau Waigeo, ibu kota Raja Ampat, kamu bisa mencari hotel-hotel dengan harga sekitar Rp 300.000-Rp 400.000 per malam. Untuk keperluan diving, snorkling dan eksplorasi ke pulau-pulau yang berada di Raja Ampat, kamu bisa menyewa perahu penduduk asli disana.

Di Sorong juga terdapat banyak hotel bagus berbintang dua dan tiga yang menyediakan makanan dengan nasi dan lauk-pauk beragam. Para wisatawan domestik yang ingin tetap menginap di Sorong karena fasilitas tersebut bisa melakukan perjalanan satu hari tanpa perlu menginap di Waisai.

keindahan raja ampat

Untuk melakukan hal ini, kamu perlu menyewa speedboat sekitar Rp 8 juta per hari dengan kapasitas 20 orang per kapal. kamu harus mengumpulkan 20 orang sehingga cukup patungan Rp 400 ribu per orang sudah bisa berlayar ke Raja Ampat selama 12 jam penuh pada siang hari.
Mulai pukul 07.00 WIT sampai petang kamu bisa berlayar ke empat sampai lima pulau yang berdekatan. Mulai dari Selat Dampir, Pulau Pensil, Gua Karang yang ada tengkorak makam leluhur Raja Ampat, sampai ke Resor Sorido atau langsung ke Kepulauan Wayag.  Kepulauan Wayag merupakan ikon Raja Ampat yang terdiri dari beberapa pulau kecil yang indah apabila dilihat dari atas.

Kalau  kepengen memandang suasana resor yang dikelola bule, kamu diperbolehkan mampir dan parkir di dermaganya. Kamu dapat melihat keindahan pantainya yang putih bersih beserta air lautnya yang sangat bening sehingga karang bersama ikan bisa dilihat langsung dari dermaga.

penginapan di raja ampat


Pulau kecil di seberang dermaga Sorido yang terhubung dengan pantai pasir putih dan laut lepas amat indah dilihat. Pemandu dari resor akan mengantar kamu memandang suasana penginapan dan  sekitar pulau yang lebih dari satu ditumbuhi pohon pandan bali yang sudah tua dan subur.


Apabila kamu menginap di Sorong, baik seafood, semacam ikan, kepiting, beserta udang bakar, maupun fastfood lebih dari satu dijumpai di restoran dan warung-warung tenda di Sorong. Ikan khas Sorong merupakan ikan budara. Ikan ini mempunyai banyak sekali daging bersama tulangnya besar sehingga jarang ada duri kecil yang bisa tersangkut di tenggorokan.

Oleh-oleh khas Sorong adalah keripik talas atau keladi, roti abon gulung dari ikan tuna, bersama ikan budara bakar. Buat suvenir, di Kampung Baru, Sorong, banyak dijumpai toko yang menjual batik khas Papua, contohnya corak panah, burung cendrawasih, dan tifa. Suvernir berupa koteka bersama ukir-ukiran Asmat pula mampu kamu  jumpai di beberapa toko suvenir di Sorong.


oleh-oleh khas papua

Buat para backpacker yang ingin menikmati suasana malam hari di Sorong, di sepanjang Pantai Tembok banyak dijumpai warung tenda yang menjual berbagai macam seafood, ayam bakar, beserta coto makassar.  KOMPAS.com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Backpacker ke Raja Ampat - Papua"