Translate

Ranu Kumbolo Danau Di Gunung Semeru


foto ranu kumbolo tahun 1916
foto ranu kumbolo tahun 1916
Ranu Kumbolo merupakan sebuah danau yang terletak di jalur pendakian Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Luas danau Ranu Kumbolo sekitar 8 hektar dan terletak di ketinggian 2.390 meter di atas permukaan laut. Ranu Kumbolo masuk dalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Danau ini biasa digunakan para pendaki untuk beristirahat setelah lelah mendaki dari Ranu Pane. Hawa di sekitar danau ini begitu sejuk dan dingin sehingga cocok untuk dijadikan tempat beristirahat. Daerah danau dikelilingi oleh pohon-pohon dan perbukitan kecil. Air Ranu Kumbolo ini begitu jernih sehingga dapat digunakan untuk kebutuhan minum sehari-hari. Bagi para backpacker yang bisa berenang dapat merasakan sensasi berenang di danau dengan ketinggian 2.390 meter di atas permukaan laut di Ranu Kumbolo.

danau ranu kumbolo


Yang membuat air danau Ranu Kumbolo ini bersih dan jernih ialah karena pengelola setempat membuat aturan yang sangat ketat bagi siapapun yang mengunjungi Ranu Kumbolo. Para pegunjung tidak boleh mencuci, mengotori, dan mencemari air danau. Maka dari itu pendaki yang akan beristirahat di sekitar Ranu Kumbolo harus membawa kembali sisa sampah yang telah mereka gunakan selama beristirahat di sekitar danau termasuk selama pendakian, akan ada sanksi tegas jika bagi yang melanggarnya.

Semakin malam jumlah pendaki yang menginap alias camping di Ranu Kumbolo akan semakin banyak. Jangan heran apabila tempat ini akan dipenuhi banyak tenda berkemah pada malam hari. Sebagian besar berkemah dekat dengan pondok kayu yang didirikan oleh pengelola TNBTS. Namun, pada pagi hari kawasan Ranu Kumbolo ini mulai sepi karena pendaki sudah mulai melanjutkan pendakian mereka menuju Puncak Gunung Semeru untuk melihat matahari terbit.

foto danau ranu kumbolo


Salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu jika datang ke Ranu Kumbolo adalah momen matahari terbitnya. Konon pemandangan matahari terbit di sekitar danau ini sangatlah indah. Pendaki tak segan-segan untuk berangkat menuju puncak pada malam hari agar tidak ketinggalan momen matahari terbit alias sunrise dari balik perbukitan. para backpacker yang datang ke Ranu Kumbolo disarankan untuk membawa kamera. Karena momen ini akan sangat bagus untuk diabadikan dalam bentuk foto. Tak jarang para pendaki yang mengeluarkan kamera mereka untuk bisa mengabadikan momen-momen matahari terbit disini.

Lokasi Ranu Kumbolo berada di jarak 10.5 kilometer dari pintu masuk utama Gunung Semeru yang terletak di desa Ranu Pane. Jika lancar perjalanan dari Ranu Pane ke Ranu Kumbolo akan menghabiskan waktu 3-5 jam berjalan kaki melalui jalan setapak. Dari Ranu Kumbolo biasanya pendaki akan melanjutkan pendakian menuju Kalimati yang berjarak 7.5 meter. Seterusnya dari Kalimati sampai ke Puncak Mahameru kurang lebih berjarak 1 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu 2 jam. Untuk menuju puncak para pendaki harus rela berjuang melalui jalur yang menanjak dan berbatu. Kadang sering terjadi angin dan hujan besar yang melanda selama pendakian berlangsung.



Jalur pendakian yang harus ditempuh pendaki untuk sampai ke puncak Mahameru kurang lebih seperti ini:

Ranu Pane – Ranu Kumbolo – Oro-oro Ombo – Cemoro Kandang – Kalimati – Puncak Mahameru

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ranu Kumbolo Danau Di Gunung Semeru"

Posting Komentar