Translate

Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur

pulau komodo nusa tenggara timur


Pulau Komodo terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Secara administratif, pulau ini berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, dan berbatasan langsung dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau Komodo terletak di sebelah barat Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape, termasuk wilayah Kecamatan Komodo.

Pulau Komodo diketahui sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini pula merupakan kawasan Taman Nasional Komodo.Hingga Agustus 2009, di pulau ada sekitar 1.300 komodo. Ditambah dengan pulau lain, contohnya Pulau Rinca beserta Gili Motang, jumlah yang mencapai sekitar 2500 ekor. Anda bisa melihat komodo yang sedang mengincar mangsanya di banyak lokasi di tempat ini. Sangat penting untuk berkeliling bersama pemandu untuk alasan keselamatan selama berada di sini.

Komodo sendiri merupakan binatang reptil sejenis kadal raksasa pemakan daging yang panjangnya dapat mencapai 2 - 3 meter dengan berat 100 - 165 kg. Binatang ini mempunyai panggilan ilmiah Varanus Komodoensis, sedangkan warga setempat menyebut binatang ini dengan nama 'Ora'. Bila dipandang, komodo memang menyeramkan, dengan badan yang besar, kuku yang tajam, kulit yang bersisik dan mempunyai lidah bercabang dua yang selalu menjulur. Mangsa utama komodo merupakan babi, kuda, rusa, musang, kerbau beserta beruk.

Selain Komodo, pulau ini juga menyimpan eksotisme tanaman yang beragam, pohon kayu Sepang oleh masyarakat setempat digunakan sebagai obat dan bahan pewarna pakaian, pohon nitak (Sterculia oblongata) diyakini berguna selaku obat dan lezat bersama baik biji contohnya kacang polong

Pulau Komodo sangat mengesankan, menjelajahi pulau-pulau eksotis, menyelam ke laut biru, dan bermandikan sinar matahari sambil memandang jejak kehidupan masa lalu yang diawetkan beserta akan menjadi bagian dari keindahan beragam Indonesia.

wisata ke pulau komodo

Selain melihat kehidupan komodo di habitat aslinya, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan di Pulau Komodo:
Trekking
Saat trekking, Anda akan diajak mendaki Gunung Ara yang memiliki ketinggian 538 meter di atas permukaan laut. Anda juga akan melewati Water Hole yang merupakan tempat minum dan beristirahat komodo. Anda bisa melihat komodo-komodo yanng sedang minum atau berteduh di bawah pohon di sekitarnya.

Terdapat empat jalur trekking yang bisa dipilih, mulai dari short, medium, long sampai adventure. Panjang jalur trekking sekitar 1 – 8 km tergantung jenis yang dipilih. Jika memilih long dan adventure, Anda akan diajak melewati hutan, sungai dan perbukitan. Sedangkan untuk short, perjalanan akan berakhir di atas perbukitan dengan pemandangan teluk yang mengagumkan. Namun, keempat jalur trekking tersebut akan melewati Water Hole sehingga Anda tak perlu bingung memilih jalur yang mana.

Selama kegiatan trekking, Anda dan rombongan akan ditemani pemandu sekaligus pawang komodo. pemandu akan membekali Anda dengan tongkat yang ujungnya bercabang dua. Jika komodo tiba-tiba datang mengejar dan menyerang anda, ujung tongkat yang bercabang bisa anda gunakan untuk menekan leher komodo, dalam waktu singkat komodo akan melemah dan berhenti menyerang.

komodo island

Menyelam dan Snorkeling
Alam bawah laut di miliki pulau ini juga tak kalah indah. Ada sekitar 386 jenis terumbu karang, 70 jenis bunga karang, rumput laut sebagai rumah bagi ribuan jenis ikan, penyu hijau, paus, hiu, lumba-lumba dan lain-lain. Sehingga sangat layak jika pulau komodo dan taman nasionalnya di sebut-sebut sebagai salah satu lokasi menyelam terbaik di dunia. Saat menyelam atau snorkeling di sini, Anda dapat menyaksikan keindahan biota laut yang sangat kaya dan beragam. Dari sekian banyak titik menyelam yang ada, berikut adalah tiga titik menyelam terbaik di Pulau Komodo menurut banyak penyelam:
Batu Samsia
merupakan salah satu titik menyelam terfavorit. Karena anda dapat menyusuri serangkaian saluran air dan dapat berinteraksi dengan kura-kura, hiu dan beraneka macam ikan kecil lainnya.

Toko Toko
sering disebut sebagai istana batu dalam air. Anda bisa menikmati keindahan terumbu karang dengan berbagai warna dan ikan-ikan yang berenang di antara karang yang berada di kedalaman 7 meter di bawah permukaan laut,

Crystal Rock
Titik ini juga menjadi favorit para penyelam. Berada di kedalaman 5 meter, Anda bisa menemukan katak ikan, Barramundi Cod, Parrotfish dan beberapa jenis ikan lainnya.

pulau komodo ntt

Waktu terbaik untuk menyelam di perairan ini adalah pada bulan Maret – Desember. Hal ini dikarenakan arah angin, suhu air, kuat arus dan musim yang mempengaruhi jarak pandang saat menyelam terhitung baik pada bulan-bulan tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur"

Posting Komentar